Kamis, 20 Oktober 2011

KEPEMIMPINAN


Kepemimpinan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain guna mencapai tujuan organisasi. Definisi ini menangkap pemikiran bahwa pemimpin terlibat dengan orang lain dalam mencapai tujuan. Kepemimpinan bersifat timbal balik dan dilakukan antara manusia. Kepemimpinan merupakan kegiatan “manusia” , yang berbeda dengan kegiatan persuratan adminidtratif atau pemecahan masalah.

Kepemimpinan bias diimplementasikan dalam berbagai inovasi seperti yang dilakukan oleh Darwin smith. Tidak banyak orang yang mengenal Darwin Smith,pemimpin Kimberly-clark dari tahun 1971-1991. Darwin menunjukkan tekad yang garang untuk menghidupkan kembali Kimberly-clark, yang pada saat itu masih menjadi perusahaan besar dan tua berbasis kertas yang mengalami penurunan nilai saham. Ketika ia menngabil alih, bisnis inti perusahaan adalah kertas bersalut. Oleh karena yakin bahawa pendekatan ini menjerumuskan perusahaan ke jurang kegagalan, Darwin engambil langka KONTROVERSIAL dengan menjual pabrik kertas perusahaan dan menginvestasikan semua sumberdayanya untuk produk-produk konsumen seerti, Clenex dan Pokok Hugies.

Sepanjang 20 tahun karirnya sebagai CEO, Darwin menjadikan Kimberly-Clark sebagai pemimpin perusahaan produk kertas kosumen di dunia, serta mengalahkan pesaingnya seperti Scott Paper dan Procter & Bimble. Perusahaan menghasilkan laba saham kumulatif sebesar 4,1 kalil lipat laba saham pasar umum. Saat ditanya mengenai kinerja luar biasanya setelah ia pension Darwin hanya menjawab, “ Saya tidak pernah berhinti berusaha memenuhi kualifikasi pekerjaan saya.”

Dari kasus diatas kita bias menginivasi gaya kepemimpinan kita sebaik mungkin sesuai kondisi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar